Bahaya dibalik software bajakan, baca sebelum menyesal !!

 


       Saat ini banyak kegiatan yang membutuhkan komputer dan perangkat lunaknya untuk berbagai keperluan. Software atau perangkat lunak adalah setiap instruksi dalam bentuk bahasa, kode dan model. Dalam hal ini, perangkat lunak, bersama dengan media yang dapat dibaca komputer, membuat komputer bekerja untuk melakukan tugasnya sendiri atau mencapai hasil tertentu, termasuk persiapan pembentukan instruksi tersebut. Hal ini berdasarkan Pasal 8 Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002.

Karena permintaan perangkat lunak meningkat saat ini, ada banyak penjahat yang melakukan peretasan perangkat lunak dan didukung oleh banyak ahli peretasan perangkat lunak. Penggunaan perangkat lunak bajakan biasanya dilakukan karena keinginan untuk menghindari tagihan lisensi perangkat lunak resmi. Ada juga orang yang menggunakan software bajakan karena tidak familiar dengan software resmi.

        Sebenarnya ada resiko yang sangat mengkhawatirkan terkait penggunaan software bajakan. Berikut ini adalah risiko yang mungkin timbul dari penggunaan perangkat lunak yang diproduksi secara ilegal:

  • Tidak ada pembaruan yang diterima

        Ada kelemahan menggunakan software bajakan yaitu tidak bisa menerima update. Hal ini sangat disayangkan karena seiring kemajuan teknologi, update software menghadirkan beberapa fitur yang menarik dan up-to-date.

  • Performanya tidak maksimal

        Ada risiko lain yang terkait dengan penggunaan perangkat lunak bajakan yang dapat memengaruhi kinerja perangkat hingga tidak lagi optimal. Ini karena software bajakan bisa mengandung virus yang bisa merusak bahkan menghapus data. Ada kemungkinan crash dan kesalahan. Bahkan dimungkinkan untuk mencuri data dari perangkat yang menjalankan perangkat lunak bajakan.

  • Risiko sanksi hukum

        Tentu saja, selain risiko yang terkait dengan perangkat, penggunaan perangkat lunak bajakan juga ilegal. Oleh karena itu, pengguna salinan bajakan berisiko terkena sanksi hak cipta.
Anda dapat menghindari penggunaan perangkat lunak bajakan dengan membeli perangkat lunak hanya dari pengecer resmi tepercaya seperti Playstore, App Store, Microsoft Store, Adobe, dan Steam. Hindari membeli perangkat lunak dari situs web yang meragukan. Jika perlu, periksa juga keaslian software tersebut, termasuk melalui website www.microsoft.com/howtotell.

 

    Karena banyak keuntungan menggunakan perangkat lunak resmi, termasuk kemampuan untuk memperbarui, memungkinkan kinerja perangkat lunak dan komputer bekerja secara optimal, menghindari korupsi data, pencurian data, kesalahan dan crash. Jadi gunakanlah software original yang resmi, karena ini juga merupakan investasi agar perangkat dapat digunakan secara maksimal dalam jangka panjang.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama