Apa Itu Adobe Photoshop !

    



    Di era yang serba digital ini, segala aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Proses pembelajaran baik siswa di sekolah ataupun mahasiswa di kampus bisa dilakukan secara online melalui aplikasi-aplikasi seperti zoom, google classrom, dan sebagainya.

    Semakin banyak brand-brand dengan berbagai industri yang mengembangkan pasarnya secara digital. Salah satu hal yang diperlukan untuk melakukan promosi atau berjualan secara online yaitu kemampuan untuk melakukan editing foto. Karena melalui media online, visual merupakan salah satu faktor penting yang bisa menarik perhatian audiens atau target pasar dari sebuah brand. Tentunya semakin banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan oleh para designer atau photo editor.

Salah satu software yang memang sudah terkenal, bahkan sebelum era yang serba digital ini, adalah Adobe Photoshop. Untuk urusan mengedit foto atau membuat desain, banyak orang yang pasti akan langsung teringat dengan software satu ini.

    Perkembangan photoshop sendiri dimulai pada tahun 1990, tepatnya pada saat pertama kali rilis dengan nama Photoshop 1.0 hingga yang terbaru pada 2022 versi 23.4.1 untuk pengguna desktop. Dengan perkembangan yang begitu massive menjadikan Photoshop sebagai software photo editing yang mendunia. Photoshop banyak digunakan oleh para design grafis dan pekerja lainnya yang berhubungan dengan foto atau gambar.

Photoshop sangat membantu fotografer untuk menghasilkan foto-foto yang keren dan berkualitas. Dengan kemampuan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh software ini, photoshop menjadi sebuah standar dalam dunia editing foto atau gambar.

Secara umum kemampuan atau fungsi dari Adobe Photoshop adalah sebagai berikut:

Menghilangkan sebuah objek yang ada pada foto atau gambar.

Adobe Photoshop atau yang biasa disebut dengan Photoshop merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Software ini biasa digunakan untuk melakukan edit foto atau membuat sebuah gambar.

Untuk sejarah singkatnya, photoshop ini dibuat oleh dua bersaudara yang berasal dari Amerika, yaitu Thomas Knoll dan John Knoll pada tahun 1987. Photoshop mampu menyimpan foto atau gambar dengan berbagai format, mulai dari jpg, jpeg, gif, png, dan lain sebagainya.

Selain itu, photoshop juga mampu mengidentifikasi format khusus seperti psd, psb, dan pdd.

    Hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna tanpa harus mengubah format foto atau gambar untuk menyesuaikan dengan photoshop dan kebutuhan pengguna sendiri. Dengan kata lain, fotografer tidak perlu lagi melakukan photoshoot selama berjam-jam karena bisa dibantu dengan mengedit foto melalui Photoshop.

Selain itu, pengguna juga menyukai opsi-opsi edit Photoshop yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan software atau aplikasi lainnya.

Software ini bisa digunakan pada windows maupun Mac OS.

Bisa juga digunakan pada Linux tapi perlu software tambahan seperti CrossOver atau Wine. Photoshop bisa dibilang memiliki tools yang lengkap seperti move tool, marquee tool, lasso tool, crop & slice tool, dan masih banyak lagi. Tools yang lengkap dan responsif ini tentunya sangat menguntungkan para pengguna.

Selain software, perangkat untuk mengerjakan editing foto atau membuat gambar juga perlu diperhatikan. Tingkatkan kemampuan mengedit kamu dan hasilkan gambar yang memuaskan!

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama